Daily Archives: Juni 16, 2008

Malu Nih Ye….

Minggu siang, ketika gw ber-Metromini ria dalam perjalanan menuju acara kopdar Monas, seorang bapak-bapak bertopi, memakai t-shirt merah dan berusia sekitar lima puluhan memasuki bis. Berdiri begitu saja tepat di dekat pintu, meskipun masih ada beberapa tempat duduk yang kosong. Kenapa nggak duduk aja, pikir gw.
Pandangan gw kembali pada Laskar Pelangi di tangan.

“Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh”
Ooh.. minta sumbangan… (jelek banget ya pikiran gw, abisnya masak ada orang salam di angkutan umum pikiran gw langsung menyimpulkan kalo dia minta sumbangan)

“Wal ‘ashri innal insaana lafii khusrin illa….”
Hmmm.. tumben ada yang orang minta sumbangan pake surat Al-‘Ashr.

“…Bapak-bapak, ibu-ibu penumpang yang berbahagia…”
Yahh.. pidato deh..

“..kelebihan rizki, salurkanlah kepada fakir miskin….”
Tuh kan, minta sumbangan..

“Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.”

Dan bapak itupun berkeliling menyodorkan topinya kepada seluruh penumpang bis. Waktu itu bis sedang berhenti di sebuah perempatan berlampu merah.

Dua ratus meter dari perempatan tersebut, bis berhenti lagi. Mengangkut penumpang sekaligus menurunkan mereka yang telah sampai perhentiannya. Kemudian terdengar,

“Assalaamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh”
Lagi, batin gw, mata gw masih terpaku pada petualangan Ikal dan teman-teman Laskar Pelanginya.

“Wal ‘ashri innal insaana lafii khusrin illa….”
Seperti pernah denger. Mungkin copy paste juga berlaku dalam dunia jalanan. Bisa jadi mereka punya milis yang membahas tentang metode terbaru cara mengemis yang efektif ato sejenisnya. Karena penasaran, gw pun mengangkat kepala.

Bapak yang sama berdiri di dekat pintu. Kemudian seperti menyadari sesuatu, pidato itupun terhenti dan bapak itu berlalu pergi.

Hehehehe…. makanya pak, diinget-inget dong mana bis yang uda dimintain, mana yang belum.

PS:
Kalo ada yang mo tau laporan laen yang lebih rinci tentang kopdarnya tengok aja di sini:
Mbusiness art with Zamrio Teguh
Tragedi Monas 2 : akkbb !
Minggu yang Melelahkan
Monas di Minggu 15 Juni 2008
Kopdar Monasssss
Kopdar itu “Aneh”