Tag Archives: sahur

Sahur Ramadhan Kali Ini

Sejak pertama kali puasa di rantau orang bertahun-tahun silam, saya punya kebiasaan sahur hanya dengan makan roti tawar (plus uborampe-nya) dan buah saja. Biasanya saya sertai susu, madu, vitamin, dan gelonggongan air putih untuk memastikan tetap fit selama Ramadhan. Baru ketika waktunya mudik saya makan sahur dengan nasi dan lauk pauk lengkap. Itupun karena ibu insist, sahur itu ya harus makan nasi. Biar ga lemes, katanya.

Tapi Ramadhan kali ini berbeda. Mengingat ada perut lain yang harus diperhatikan (dan belum tentu biasa sahur pake roti doang) plus calon manusia di dalam kandungan yang perlu nutrisi lengkap, hari pertama puasa ini saya sempatkan untuk memasak. Bukan makanan ribet tar keburu imsak (dan keahlian memasak saya juga belum segitunya). Cuma nasi putih dengan orak-arik sayur. Sederhana, tapi insyaAllah cukup buat bekal puasa seharian hingga saatnya berbuka nanti.

Iya, saya mencoba ikut berpuasa meskipun ada dispensasi. Semoga saja bisa lancar full sebulan tanpa bolong. Amiiiiin!

pinjem gambar dari sini

pinjem gambar dari sini

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan, teman-temaaaaan…


Acara TV Sahur Favorit Anda??

Sepertinya uda jadi maklum kalo yang namanya bangun sahur itu susah banget. Biasanya jam segitu ini mata masi merem dengan nikmatnya kok uda disuruh melek. Mungkin dengan alasan yang sama stasiun-stasiun tv jadi banyak yang bikin acara komedi buat nemenin sahur. Kan dengan ketawa-ketiwi mata jadi gampang melek. Tapi apa iya, format acara seperti itu yang paling cocok buat nemenin sahur??

Beberapa hari ini gw lebi sering sahur ditemenin Vincent dan Desta karena guyon mereka yang konyol dan segar. Slogan “tuut..tuut.. gudjes..gudjes wakwaww…” yang ditampilkan Eko dan Ulfa cs kok rasanya uda bosen kuping gw dengernya. Bertahun-tahun ituuu mulu. Uda gitu guyonnya kasar. Lebi parah lagi sajian TeamLo (bener gak sih gini nulisnya??), lagi-lagi mengeksploitasi kekurangan fisik manusia. Kadang-kadang gw mampir liat Komeng dan Okky Lukman. Kapan lagi liat Luna Maya jadi pembantu huehehehe… Tapi jujur, gw bosen karena hampir semua formatnya gitu2 aja. Ada yang ngebanyol, tus pake kuis pemirsa yang bagi-bagi hadiah dengan “pemurah”nya.

Acaranya Indra Bekti lebih positif dengan cerita-cerita islami yang disajikan. Tapi mungkin karena penyajiannya kurang menarik (buat gw), sesekali aja gw liat. Dan jangan ditanya betapa banyak kita bisa belajar dari Pak Quraish Shihab dengan Tafsir Al-Misbah-nya. Tapi acara itu sepertinya cuma pas (buat gw lho ya), kalo mata uda bener-bener melek, nyawa uda bener-bener ngumpul. Acara tv laen?? Entah.. Biasanya cuma itu yang ketangkep radar gw, karena tertampil jernih di tv kost gw. Laennya agak blur. Sakit mata ngeliatnya.

Tapi sebenernya ada satu acara yang selalu membuat mata cepet melek, nyawa cepet ngumpul, dan dengan setia gw tonton sembari sahur yaitu… Sepak bola!! Apalagi kalo yang maen tim-tim bagus yang emang uda familiar hehehe… Besok pagi ada pertandingan gak ya??