Sabang: Indahnya Ujung Barat Indonesia

Jika anda bertemu saya beberapa tahun lalu dan bertanya tempat mana di Indonesia yang terindah menurut saya? Niscaya saya akan menjawab: Pulau Sempu! Kemudian tanpa anda mintapun, saya akan bercerita panjang lebar mengenai keindahan laguna bak setting lokasi film The Beach yang akan membayar segala payah yang anda tempuh untuk mencapainya. Tapi jika pertanyaan yang sama anda sampaikan sekarang, maka saya pasti menjawab: Sabang!

Kota yang terletak di ujung barat Indonesia ini sungguh spot yang tak boleh dilewatkan. Anda cuma butuh waktu kurang lebih 45 menit menyeberang dengan kapal ekspres (atau 2 jam jika menggunakan kapal fery lambat) dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Kapal ekspres hanya memuat penumpang, karenanya jika anda ingin membawa serta mobil dari Banda Aceh maka kapal fery lambat yang menjadi pilihan. Sayangnya jika menggunakan kapal lambat sambil membawa kendaraan, go show bukan pilihan. Mobil yang akan diangkut sudah harus didaftarkan dan mengantre sejak malam sebelum hari keberangkatan. Untuk pejalan biasa yang bukan sedang road trip, demi kemudahan dan kenyamanan perjalanan, saya menyarankan anda menggunakan rental mobil yang terpisah untuk di Banda Aceh dan Sabang. Memangnya harus sewa mobil? Gak harus sih.. bisa juga sewa motor. Yang jelas angkutan umum di sana belum sebanyak dan reliable seperti di kota-kota besar, so ngangkot is definitely not an option.

Begitu kapal mendarat di Pelabuhan Balohan, Sabang, anda akan disambut dengan air laut bening yang tak akan anda temui di pelabuhan-pelabuhan pulau Jawa. Itu baru di pelabuhan. Bisa bayangkan bening indahnya pantai yang biasa digunakan sebagai lokasi wisatanya? Memang belum semua yang pantai yang saya kunjungi, tapi sepertinya setiap spot selalu indah dan memanggil saya untuk datang lagi dan lagi.

Here are some sneak peeks..

Image

Pantai Sumur Tiga dilihat dari balkon Freddie’s Bungalow tempat kami menginap

Image

masih Pantai Sumur Tiga dari tangga akses umum

Image

Pantai Iboih (sayangnya foto ini diambil ketika sedang hujan, pada kondisi cerah jauh lebih indah)

Pantai Iboih biasanya digunakan sebagai titik penyeberangan menuju Pulau Rubiah. Dari Iboih kita bisa menyewa perahu seharga dua ratus ribu rupiah untuk menyeberang ke sana. Pulau Rubiah merupakan salah satu spot snorkeling terindah yang pernah saya kunjungi. Anda bisa menyewa satu set peralatan snorkeling yang terdiri dari fin, safety jacket, serta goggle standar seharga empat puluh ribu rupiah. Persewaan tersedia baik di Iboih maupun di Pulau Rubiah.

Tak jauh dari Iboih, masih serangkai perjalanan dari kota menuju titik 0 kilometer yang menjadi landmark Sabang, terdapat pula Pantai Gapang yang jauh lebih tenang meski tak kalah indah. Jika ingin menikmati suasana pantai yang berbeda, bisa juga mengunjungi Pantai Anoi Itam yang seperti namanya, memiliki hamparan pasir berwarna hitam.

Bukan hanya pada lokasi wisata, sepanjang perjalanan di Sabang saya tak henti berdecak kagum dengan keindahan pemandangan yang terhampar. Laut, bukit, sungai, danau, setiap landscape begitu menakjubkan hingga tak jarang rasanya seperti sedang berada di belahan dunia lain.

Image

Pemandangan dari Puncak Bukit Geurutee

Image

Pemandangan ini bahkan saya ambil dari salah satu warung pinggir jalan. Amazing, isn’t it?

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan untuk mengunjungi ujung terbarat negeri kepulauan tercinta ini.

Image

Ceria di Titik 0 Kilometer Indonesia

 

 

*foto-foto koleksi pribadi, erje dan nevanov

 

 

 


6 responses to “Sabang: Indahnya Ujung Barat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: