Lost In Translation

Siang ini Rolin, radio komunitas favorit saya, memutarkan lagu Please Forgive Me-nya Bryan Adams. Ingatan sayapun melayang pada kejadian sekian tahun lalu ketika saya masih eSeMPe. Mbak asisten yang bekerja di rumah masih muda, cantik, gaya, dan banyak pacarnya. Mungkin usianya hanya sekitar lima tahun di atas saya. Ketika itu saya sedang mulai mendapatkan pelajaran bahasa inggris di sekolah, dan sedikit-sedikit membiasakan telinga dengan lagu-lagu berbahasa inggris. Mbak asisten yang tak terbiasa dengan bahasa inggris, suatu ketika menanyakan pada saya.

mbak asisten : Dek, ai ken stop loving yu ki artinya apa?

saya : “ai” itu “saya”. “ken” itu “bisa”. “stop” itu “berhenti”. “loving” itu “mencintai”. “yu” itu “kamu”. berarti “ai ken stop loving yu” itu “aku bisa berhenti mencintai kamu” gitu, mbak..

Tentu saja jawaban saya berdasarkan asumsi pembicaraan lisan semata. Wajah mbak asisten pun terlihat murung. Ternyata kalimat itu sampai padanya melalui salah satu pacar yang paling disukainya. Beberapa waktu kemudian, mbak asisten curhat kalau dia sudah putus dengan pacarnya itu.

Sekian tahun berlalu, ketika si mbak asisten telah pulang kampung dan digantikan oleh mbak asisten lainnya, saya baru ngeh lirik lagu ini.

“..Please forgive me, I know not what I do
Please forgive me, I can’t stop loving you..”

Lha.. jangan-jangan, yang dimaksud pacarnya mbak asisten waktu itu bukan “can”, tapi “can’t”. Tapi berhubung si mbak asisten mengucapkannya secara lisan dengan logat medok Wonosobo-an kental, dan pengetahuan bahasa inggris saya masih begitu cetek sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan, mereka jadi putus gara-gara salah paham.

Haduh maaf ya, mbak.. Di manapun dirimu sekarang berada. Semoga selalu bahagia sejahtera dan berlimpah cinta.


11 responses to “Lost In Translation

Tinggalkan Balasan

