kopdar lagi!

Seperti sudah berabad lamanya sejak terakhir kali posting tentang kopdar. Wiken kemaren, saya ikut nyempil di acaranya Daniel yang lagi dateng ke Bandung buat ketemu beberapa teman blogger. Setelah sekian waktu, akhirnya saya mengalami lagi sesi perkenalan yang bukan sekedar saling menyebutkan nama, namun juga diikuti dengan saling bertanya “blog-nya apa?”. Maka dengan malu-malu saya menunjukkan blog yang sudah penuh sarang laba-laba saking lamanya tak terjamah ini.

Pose full team di depan Museum KAA

Saya berkenalan dengan Isma, Nurma, Felicia, dan Arman. Saya juga bertemu lagi dengan Danalingga yang seingat saya terakhir ketemu tahun 2008 di kopdar Monas perpisahannya om Fertob. Dari meeting point di McDonalds BIP, kami menuju Museum Konferensi Asia Afrika (KAA). Setelah berkeliling, nonton festival film pendek yang ada di sana, dan tentunya foto-foto, tepat jam makan siang, kami pun keluar. Rupanya sedang ada Festival Minangkabau tepat di samping Museum. Itu berarti: makanan enaaaaak! Saya sempat mencicip Sate Danguang-danguang, Es Tebak (semacam es campur), Talam Tapai dan Kopi Kawa.

talam tapai dan kopi kawa khas minang

Kopi Kawa ini menarik karena terbuat dari daun kopi, bukan biji kopi seperti jenis kopi lainnya. Konon pada jaman penjajahan Jepang, banyak dibuka perkebunan kopi di Minang. Biji kopi hasil panen dibawa Jepang pulang ke negerinya meninggalkan para pekerja romusha perkebunan begitu saja. Untuk bertahan hidup, mereka mulai coba-coba membakar daun kopi, dan kemudian merebusnya. Jadilah Kopi Kawa yang disajikan dalam cangkir batok kelapa dengan gula aren sebagai pemanisnya. Rasanya ringan dan sedap. Malah kopi rendah kafein ini juga dipercaya sebagai penambah stamina. Hmmm…. entah bener tidaknya.

foto bareng feli yang ber-cosplay ria

Dari Festival Minangkabau kami sempat mampir juga ke Pasar Rakyat dalam rangka HUT KAA, sebelum kemudian melintas jalan Braga dan menuju ke acara Inori o Nagashi di ITB tempat Felicia ber-cosplay. Berasa masuk ke dunia yang berbeda deh berada di antara begitu banyak orang berkostum ala komik Jepang. Bertahan di sana sampai saatnya Arman harus berjuang jalan kaki menuju pool bus jurusan Dago-Leuwipanjang untuk pulang ke Bogor, Isma dan Nurma menemani Daniel dan Danalingga ke Cihampelas menunggu travel, dan saya pulang ke kost untuk bikin postingan ini kembali bercengkerama dengan tugas-tugas menjelang UAS. *nasib mahasiswa*

Jadi inget.. Kopdar pertama saya dulu Maret 2008. Nekat menyusup ke acara Blogger Day yang diadakan oleh British Council di Ritz Carlton Pacific Place karena tahu ada Miund dan Raditya Dika di antara para pembicara. Bermodalkan mengingat wajah yang tersebar di berbagai blog, saya mulai mengenali beberapa blogger di sana. Ada Ndorokakung, Chika, dan Yudis. Sambil deg-degan, agak gemetar, saya beranikan menghampiri untuk memperkenalkan diri. Gak pede banget sebenernya, kuatir dicuekin atau kena tatapan “siape elu?”. Tapi ternyata sambutan mereka begitu baik, sodara-sodara.. Bahkan mereka memperkenalkan saya dengan beberapa teman blogger lainnya. Saya lega. Pulang ke kosan dengan bahagia. Sejak itu malah jadi sering terlibat berbagai kopdar, semakin banyak kenal teman-teman blogger dan menemukan komunitas-komunitas seru yang saking akrabnya berasa kayak keluarga baru.

Haha.. Senang rasanya bisa kopdar lagi. Terima kasih temans…😀

*foto diambil semena-mena dari facebook Daniel dan Arman


46 responses to “kopdar lagi!

Tinggalkan Balasan

