Musholla di Mall (Yang Gw Tau)

Menindaklanjuti tulisannya Chika di sini, gw jadi pengen nambahin sebatas yang gw tau.

Mulai dari yang lokasinya paling deket dari tempat beredar gw dulu (kost n kantor). Oya, gw tulis berdasar pengetahuan gw, jadi yang ada ya cuma tentang bagian PUTRI dari musholla. Gw kurang tau gimana kondisi bagian putra-nya.

Pasaraya Grande punya kalo gak salah tiga musholla. Di lantai dua, tiga dan empat (dua lantai terakhir berdasar pengumuman pemberitahuan di sono waktu sholat maghrib). Tapi yang biasa gw kunjungi yang di lantai dua, karena nyarinya gampang. Di bagian sepatu-sepatu perempuan (satu lantai ama pakaian anak-anak dan pakaian casual perempuan), cari counter Marie Claire, tus jalan aja ke arah belakangnya, ngelewatin salon entah apa di sebelah kiri, dan semacem counter serba limaribu-sepuluhribu di kanan, notog sampe pintu ke arah tempat parkir. Musholla ada di sebelah kanan. Terpisah antara tempat untuk lelaki dan perempuan. Kecil sih, kran wudlunya juga cuma dua, tanpa toilet. Dan kayaknya musholla yang ini dimaksudkan buat karyawan. Gw lebi suka kesini karena masi ada udara segarnya, gak kayak yang gw perna coba di lantai empat yang lebi luas tapi cukup pengap.

Musholla Blok M Plaza ada di parkiran lantai 5 (bener-bener di tempat parkir loh). Tempatnya cukup luas, tapi tempat wudhu yang ada terbatas. Apalagi waktu sholat maghrib pas bulan puasa, bisa-bisa antrian wudhunya ngalahin antrian tiket mudik (hiperbolis sih😀 ). Dua kran dan satu toilet untuk sebuah musholla dengan daya tampung kurang lebih empat puluh orang yang diperluas hingga dapat memuat sekitar enam puluh orang tentu bukan perbandingan yang nyaman. Yang unik dari musholla di sini adalah, disediakannya bakiak (sendal kayu) untuk berwudhu, yang kalopun kalian nggak menggunakannya, ketika alas kaki dilepas untuk memasuki area sholat, maka akan spontan diambil oleh petugas untuk dimasukkan ke tempat penitipan. Jadinya mending langsung dititipin aja deh, toh ujung-ujungnya juga musti bayar penitipan kok hehehe…

Musholla Plaza Senayan tergolong nyaman. Cukup luas, ber-AC, dilengkapi dengan dua toilet dan jumlah kran yang cukup. Ada tempat rias, penitipan alas kaki dan tas, juga kursi buat memakai sepatu. Lumayan sering ke sini karena tergolong pas dan kebetulan gw lumayan sering ke PS (jadi seperti muter-muter deh). Lokasinya di P2, dari lantai dua cari pintu tengah, tus ke arah tempat parkir ngelewatin satpam. Buat cowo di sebelah kiri, cewe di sebelah kanan.

Seperti halnya mungkin setiap orang akan sepakat, executive musholla-nya Senayan City emang yang paling top. Tempatnya luas, dengan tempat wudhu yang banyak, jadi ga perlu antri. Tersedia al-Qur’an dan mukena yang bersih (gak kayak di beberapa musholla yang laen yang mukena untuk umumnya seperti belum perna dicuci sejak pertama kali ditaruh situ). Nyaman banget n bikin betah deh. Uda gitu lokasinya juga manusiawi, ada di Lower Ground, selantai dengan Burger King, The Food Hall, J.Co, Breadtalk dan berbagai restaurant, tepatnya di belakang Restaurant Sing-Sing (cmiiw). Salut buat manajemen SenCi yang sudah menyediakan kenyamanan beribadah buat pelanggannya (Kalo gak salah, di lantai atas juga ada gereja kan??)
Ada satu lagi musholla di Senayan City, tapi yang buat karyawan. Posisinya di lantai atas, dari lantai yang ada Fitness Firstnya itu keluar aja ke arah tempat parkir. Tapi gw saranin si mending di executive mushollanya ajah. Jauh lebi mantabh!!

Mushollanya Pondok Indah Mall ada di salah satu ujung (Urutnya atm centre yang di lantai dasar). Luasnya bervariasi, yang menurut gw paling nyaman sih yang di lantai dua. Yang lantai tiga lebi sempit, dicampur pula buat putra n putri. Gak ada patokan baku juga buat tempat wudhunya. Cukup nyaman lah, dan salutnya ada di hampir setiap lantai (kecuali lantai dasar, kan dipake buat atm centre). Jadi waktu puasa kemaren, gw tinggal menyusuri dari lantai ke lantai buat nyari musholla yang gak terlalu penuh pas sholat maghrib (pastinya yang menjauhi lantai tempat food court berada). Tapi itu yang di PIM2, Gw belum perna eksplor musholla PIM1.

Plaza Semanggi juga termasuk yang sering gw kunjungi. Mushollanya cukup lumayan andai aja ke sananya bukan pas lagi masa rame. Karena dengan ukuran musholla yang tidak begitu luas, dan langit-langit yang rendah, kalo kebanyakan orang, bisa-bisa hawa di luar lebi sejuk daripada di dalem musholla ber-AC ituh. Posisinya ada di lantai lima. Dari bioskop, lurus aja tus kekanan, ke arah tempat parkir (lagi-lagi ngelewatin satpam), musholla ada di sebelah kanan.
Ada juga yang di lantai LG, di tengah parkiran, tapi sangat gak gw sarankan. Uda panas, pengap, kran wudhunya cuma satu pula. Mending antri di lantai lima aja deh.

Tus mana lagi yak… sempet juga di Kalibata Mall. Tapi gak tega ceritanya. Uda kecil, nyempil, sumpek, bahkan kalo disuru napak tilas gw juga uda lupa dimana lokasi tepatnya.

Sebenernya pengen bahas musholla di beberapa hotel juga sih. Secara, sebagai pekerja kadang harus terlibat seminar ato workshop ato rapat entah apa yang berlokasi di hotel. Tapi kalo gw tulis disini sekalian jadi kepanjangan. So, laen waktu aja deh… (kalo gw inget n mood tentunya😀 )


14 responses to “Musholla di Mall (Yang Gw Tau)

  • emyou

    Oya, kalo ada yang perlu tau musholla di Terminal Blok M, keluar aja dari lobby yang ke arah Pasaraya Grande, ke kiri, di sebelah toilet umum ada tangga naek. Naek aja, di atas situ mushollanya. Menurut gw si agak kurang representatif, tapi ya.. ketika emang uda kepepet sementara waktu sholat uda hampir abis mo gimana lagi?? Kalo gw di daerah situ lebi seneng sekalian sholat di Pasaraya ajah. Ato kalo waktunya masi cukup banyak, mending pulang, sholat di kost.

  • aRuL

    mestinya musholla itu dibuat kedap suara, sehingga suara hingar bingar di luar (maksudnya dalam mall) tidak sampai kedengaran di dalam musholla.

  • emyou

    Sepakattt!!!

    Ya kayak musholla di Senayan City ituh. Tenaaaaanngg banget. Makanya gw suka banget sholat di situh.

  • cK

    saya lupa bahas yang di plaza indonesia sama EX. tapi ya sutralah. ntar bikin sekuelnya aja..😆 😆

    di blok M ama grande belom pernah nyoba. abis jarang kesana..🙄

  • Hair

    sekedar info nich, mushalla itu artinya lapangan
    kalo yang dimaksud adalah masjid berukuran kecil itu namanya ‘Surau’
    biar gini bisa dikit-dikit loe bahasa arab (gak narziz nie)

  • rumahkayubekas

    Semoga mushola2 di yg lainnya bakal juga jadi seindah dan sebersih ini.

    Ee… kirain tuh “Yang Gw Tau” bahasa mandarinnya untuk ” Musholla di MAll”,

    Salam,

  • tukangkopi

    bisa bikin acara TV baru nih…
    “Dari Mushola ke Mushola”
    host-nya chika sama emyou:mrgreen:

  • ZeAL

    Kapan nih keluar edisi “WC di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Parkiran di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Kasir di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Food Court di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Eskalator di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Lift di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Smoking room di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    Kapan nih keluar edisi “Tempat Sampah di Mall (Yang Gw Tau)”.. ???
    ..
    ..
    Ketauan kalo doyan keluyuran di mall… haha…

  • emyou

    @cK: Kalo yang di EX..kayaknya di lante dua mojok gitu ya tempatnya. Gw uda lama ga sholat di sana jadinya lupa.

    @Hair: Oooww… gitu yak?? *manggut-manggut moode on*

    @rumahkayubekas: Aamiiiinnn….
    *coba buka kamus bahasa mandarin, kali aja bener😀 *

    @tukangkopi: Boleh.. Ayo, siapa yang mau nyeponsorin???😉

    @ZeAL: Hmmm… kayaknya cara termudah buat ngejawab pertanyaan2 itu adalah: “Silakan tanya satpam mall setempat” hehehe…

    Ups!! Ketauan. Jadi malu…. *ngumpet*

  • dee

    #1 Senayan City
    #2 Plaza Senayan
    #3 Plaza Indonesia
    #4 Plaza Semanggi
    #5 Blok M Plaza n Pasaraya Grande > Tie

  • emyou

    Suka keluyuran di mall juga ya, dee?? :p

  • bumihitamku

    Mbak ternyata satang ma ortu juga ya…….salut deh sebagai hadiah untuk Mbak sayang ma ortu saya bwakan sebuah lagu
    ribuan kilo
    jalan yang kau tempuh
    lewati rintangan demi aku anakmu

  • emyou

    🙂 makasyi lagunya…

    plok..plok..plok..plok…..

  • bubba

    bikin edisi jumatan dimall donk… *ngelunjak*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: