Awas Saltum dan Jalan-jalan Hepi Bide Jakarta

Akhirnya Jakarta lagi setelah tiga hari terbakar di bawah terik matahari kota Jambi. Satu hal yang gw pelajari: Sebelum berangkat keluar kota dalam rangka pekerjaan, pastikan dulu jenis tugas seperti apa yang akan dihadapi sebelum packing untuk berangkat. me on field crop copy
Ya..mungkin kesalahan gw sendiri, hanya berbekalkan ilmu “biasanya”. Tugas-tugas luar kota gw sebelumnya adalah penyelenggaraan atopun keikutsertaan dalam acara yang biasanya dilaksanakan indoor, adem dalam ruangan ber-ac, dan memerlukan ja-im alias behave. Tapi tugas yang gw dapet kemaren di Jambi bener-bener berbeda. Jadilah gw SALah kosTUM dan sepatu flat gw harus terseok-seok di antara tanah yang digemburkan paksa oleh mesin-mesin besar ituh. Untung gw gak jadi bawa blazer. Fiuuuuuuuuhhhh……..

DSCI1155Tapi semua letih terbayar ketika sesampai di Jakarta, gw mengikuti acara Jakarta Heritage Trail yang diselenggarakan Komunitas Historia dalam rangka hari jadi kota Jakarta ke-481 kemaren. Dengan Asep Kambali sebagai guide bagi lebih dari seratus orang yang turut dalam rombongan, kami menyusuri berbagai museum dan bangunan tua di daerah Kota di antaranya Museum Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia, di akhiri dengan pemutaran film disertai penjelasannya di kantor Unit Pelaksana Teknis DSCI1148Kota Tua Jakarta. And it was really amazing. It got me thinking that history could be fun. Andai saja cara mengajar yang digunakan guru sejarah gw dulu lebih menyenangkan, tentu gw gak akan segitu sulitnya mencocokkan nama, tahun dan peristiwa-peristiwa hebat yang pernah terjadi. Dan gw jadi pengen belajar lagi tentang sejarah bangsa ini, sebagai bagian dari proses pengenalan jati diri. I’m a part of this country, and this country is a part of me.

10 responses to “Awas Saltum dan Jalan-jalan Hepi Bide Jakarta

  • edy

    emang sejarah bisa jadi fun
    apalagi kalo ga cuma teori alias ada praktek perang-perangan :mrgreen:

  • emyou

    Iya ya… kalo kayak di luar negeri kan ada tuh semacem rekonstruksi kejadian jaman perang. Lengkap dengan kostum, setting lokasi dan senjata-senjatanya. Coba disini dibikin macem gitu juga pasti menyenangkan.

  • Tigis

    kyknya belakangan ceritanya banyak pikniknya nih. Jadi pengen balik jaman SD sering study tour :)

    met ultah jakarta, smoga tenggelamnya bisa ditunda :)

  • windra

    pewwww……mandornya cakep euy…..yang di depan alat berat tuh…….hehehehe sempet2 nya narsis di lokasi kayak gitu……

  • Rita

    Hehehe nencap deh tu spatu di tanah gembur.. :D.. kalo make blazer wahhh nambah ancuurrr..hihi.. belajar sejarah lagi mbak ? ….hwehwe… :D

  • edratna

    Saya dulu kalau tugas, baju andalannya adalah celana panjang, blouse lengan pendek dan blazer…sepatu flat. Jadi kalau di ruangan AC blazer tinggal di pakai, kalau ke kebun atau pabrik, ya buka blazernya…terus tinggal ambil topi atau syal lebar, agar tak terkena terik matahari. Akibat kerja seperti ini wajah memang jadi rusak…panas dan dingin bergantian.

    Sekarang, karena musim demo di Jakarta, hal tsb berlaku lagi..jika jalanan macet copot blazernya (masukkan dalam tas…saya siap bawa tas mirip kantong sehingga tas kerjapun bisa masuk sini)….siap naik ojek atau bajaj yang bisa menyelip diantara kendaraan (maklum ga berani nyopir).

  • matriphe

    aku pengen ikut itu tour de museum.. tapi… 100 orang?!!!

    aahhhh.. aku gak bisa konsen mendengarkan penjelasan dari tour guide!!!

    jadi… kapan kita ke museum lagi?? kamu jadi pemandunya, ya.. :D

  • emyou

    @Tigis: Iyah. Buat gw sayang banget kalo berperjalanan tus gak ada yang bisa diceritakan. Makanya tiap kali berkesempatan jalan-jalan gw usahain buat berbagi cerita di sini.

    @windra: Terima kasih… :) sebenerrnya lagi gak niat narsis, tapi pas sala satu bapak asesor menawarkan diri mengambilkan foto, jadi deh ada yang bisa dipajang di sini.

    @Rita: Iyah.. Biar pinter hehehe…

    @edratna: Hmmm.. kayaknya bisa saya contek tuh bu. Terima kasih masukannya.

    @matriphe: Makanya waktu gw ngintil terus kemana pemandunya ngasi pengarahan gw ngikut buat dengerin. Jadi ga banyak foto-foto karena lebi fokus buat menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Tapi kalo buat jadi pemandu belum mumpuni lah.. namanya juga masi belajar. Kita ajak siapa gitu yang uda lebi ahli. Yuxx..kapan??

  • amaduq01

    alhamdulillah gak pernah ngerasa salah kostum karena ga pernah merhatiin kostum
    pernah pakai kaos oblong dan sandal jepit naik gunung
    pakai jaket rapet di tengah siang.
    so..?
    kadang aku disebut orang aneh..
    biarin..

  • Perkenalkan… « never mind..it’s just me

    [...] setiap minggu adaaaaa aja acaranya. Baik itu dalam rangka kerjaan maupun acara pribadi. Mulai dari Jambi, Bandung, Bali, Jogja, Magelang, Semarang, pulang ke rumah.. Senang sudah pasti, capek juga tentu, [...]

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

